Automasi, Digitalisasi & Inovasi

Inovasi Teknologi
Perseroan telah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan proses pertambangan, seperti selalu memperbaharui alat-alat pertambangan, melakukan peningkatan recovery proses peleburan dan pemurnian, dan melakukan peningkatan teknologi untuk produksi. Berikut beberapa upaya yang kami dilakukan: 

Digitalisasi
Seiring dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi, kami terus berinovasi berupaya mengadopsi teknologi baru dan memperkuat sistem teknologi informasi (TI) untuk menunjang proses kerja di internal Perseroan. Di bawah tanggung jawab Divisi TI, Perseroan fokus untuk mengembangkan digitalisasi proses bisnis dan aplikasikunci, serta melakukan integrasi antar sistem aplikasi.

Terkait pengembangan infrastruktur dan keamanan TI, kami mengutamakan pemeliharaan sistem TI, pemantauan sistem, meningkatkan kapasitas data center, peningkatan kualitas layanan, serta penguatan konektivitas jaringan dan sistem keamanan. Dalam upaya pengembangan bidang layanan dan operasional TI, kami mengembangkan aktivitas untuk memenuhi fasilitas layanan TI kepada pengguna akhir, meliputi pembaruan perangkat, penambahan lisensi perangkat lunak Of fice Suite, hingga kerja sama dengan pemberi jasa profesional.

Keamanan dan Kerahasiaan Data Pelanggan [418-1]
Selain melakukan inovasi teknologi, Perseroan juga berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan seluruh data pelanggan yang tertuang dalam setiap kontrak dengan pelanggan. Dalam hal ini, Perseroan menjamin tidak ada penyalahgunaan dan/atau kebocoran data. Setiap transaksi selesai, data akan disimpan ke dalam sistem dan media penyimpanan yang aman di Data Center. Di sepanjang 2023, tidak ada keluhan atau pengaduan terkait pelanggaran privasi pelanggan atau hilangnya data pelanggan. Hingga akhir periode pelaporan, tidak terdapat pelanggaran internal, pencurian, atau kehilangan data pelanggan. Capaian ini dapat terwujud dikarenakan berjalannya fungsi dan fitur Firewall, IPS, Antivirus, WAF, Sandbox, dan Antispam.

Tata Kelola dan Manajemen Keamanan Siber 
Kami menyadari adanya peningkatan risiko kejahatan siber akibat perkembangan teknologi yang pesat. Sebagai respons, kami berkomitmen untuk melindungi data dan privasi pelanggan dengan upaya maksimal. Evaluasi keamanan, identifikasi kerentanan, dan uji penetrasi secara rutin dilakukan baik secara internal maupun eksternal terhadap sistem, produk, dan data internal. 

Kami terus meningkatkan keamanan pada Data Center dengan melakukan pemeliharaan terjadwal pada semua perangkat di dalamnya dengan melakukan pengujian sistem keamanan dengan security operation center (SOC), semua aplikasi baru juga diuji melalui uji penetration test sebelum dipublikasikan. Perseroan telah memperoleh ser tifikasi keamanan data, termasuk ISO/IEC 27001:2013 dan ISO 9001:2015. Dalam rangka menilai tingkat kematangan keamanan siber (Cyber Security Maturity/ CSM), Perseroan bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk mengukur tingkat kematangan CSM kami mencapai level 4 Implementasi Terkelola di 2022.

Perseroan juga aktif menyelenggarakan pelatihan terkait ISO 27001 yang diikuti oleh kar yawan Divisi TI. Selain itu, kami mengirimkan tim untuk mengikuti Computer Security Incident Response Team (CSIRT) dan mendapatkan Bimbingan Teknis Keamanan Informasi & Siber dari BSSN.