Go Offshore, Go Deepers

 

Dunia bisnis yang dinamis telah mendorong perubahan dalam industri penambangan timah dan menantang PT TIMAH untuk terus berkembang menjadi perusahaan pertambangan yang andal sambil menjaga keseimbangan lingkungan. Salah satu strategi untuk keberlanjutan bisnis adalah memperkuat armada operasi penambangan lepas pantai dengan mengadaptasi perkembangan teknologi terbaru melalui Kapal Penghisap Produksi dan Kapal Keruk dalam model kapal keruk bucket. Penguatan operasi penambangan lepas pantai diartikulasikan dalam semangat "Go Offshore, Go Deeper".

Sebagai perusahaan penambangan timah terintegrasi, operasinya meliputi kegiatan eksplorasi, penambangan, peleburan hingga penjualan. Penambangan timah adalah perusahaan bisnis utama dan sebagai bentuk pengembangan kompetensi bisnis dan optimalisasi sumber daya yang tersedia. Dengan demikian, melalui anak perusahaannya, PT TIMAH juga mengelola unit bisnis jasa batubara, eksplorasi, rekayasa, perbaikan dan perkapalan.

Perusahaan memiliki izin penambangan seluas sekitar 510.000 hektar yang terdiri dari daratan dan lautan. Kegiatan operasional penambangan timah Perusahaan didukung oleh armada penambangan lepas pantai yang terdiri dari kapal keruk dan kapal penghisap produksi, sedangkan kegiatan penambangan di wilayah darat dilakukan bekerja sama dengan kontraktor penambangan. Jumlah kapal keruk dan kapal isap produksi terdaftar milik Perusahaan adalah 11 unit dan 10 unit secara berurutan.

Pusat peleburan timah milik perusahaan terletak di daerah Mentok, Bangka serta Kundur di Riau. Kedua unit peleburan tersebut memiliki tanur (furnaces) sejumlah 12 unit. Untuk peningkatan kualitas bahan baku bijih timah, perusahaan juga memiliki Pusat pencucian bijih timah (washray).  Kedua unit peleburan tersebut menghasilkan berbagai produk logam timah dengan kualitas dan bentuk yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan konsumen. Sebesar 95% dari produk logam timah didistribusikan untuk tujuan ekspor dan sebesar 5%  untuk pasar dalam negeri. Brand logam timah yang dihasilkan perusahaan antara lain adalah Banka tin, Mentok tin dan Kundur tin yang teregistrasi di Pasar Bursa Komoditi London (London Metal Exchange). Perusahaan juga menghasilkan produk-produk yang ramah lingkungan seperti Banka Low Lead dan Banka Four Nine yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan solder bebas timbal (Lead Free Solder).