BERITA & KEGIATAN

PT TIMAH Tbk terus mendukung masyarakat dalam setiap aspek kehidupan.

Berita

Susul Tug Boat BA 03, PT DAK Luncurkan Tongkang Pesanan PT Bukit Prima Bahari 

PANGKALPINANG - PT DOK dan Perkapalan Air Kantung atau PT DAK terus menunjukan eksistensinya dalam memproduksi berbagai jenis kapal. Kali ini PT DAK meluncurkan satu unit Kapal Tongkang yang merupakan pesanan dari PT Bukit Prima Bahari.

Peluncuran kapal tongkang yang diproduksi oleh anak usaha PT Timah ini dilaksanakan di galangan PT DAK, Selindung, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, pada Senin (15/07/2024).

Dalam upaya memenuhi kebutuhan industri maritim, PT DOK dan Perkapalan Air Kantung (PT DAK) terus menunjukan eksistensinya dalam memproduksi berbagai jenis kapal.

Jenis kapal yang dibuat pun semakin variatif seperti kapal ambulance, patroli, kapal roro, kapal nelayan dan berbagai jenis kapal lainnya.

Direktur PT DAK Bambang Wibisono, selaku dalam sambutannya mengatakan jika kegiatan peluncuran hari ini merupakan buah dari kerja sama antar semua pihak.

Bambang menjelaskan tongkang yang diproduksi ini merupakan tongkang 300 feet dengan kapasitas maksimal 8500 metrik ton. PT DAK telah menyelesaikan tiga ship set pesanan TB Bukit Prima Bahari yang memiliki kemampuan mesin 2X1100 Horse Power dengan performance bollard pull mencapai 24 ton tanpa kort nozle.

“Tongkang ini merupakan armada ketiga yang kita buatkan di PT DAK ini, pasangan dari tongkang ini, yakni tug boat BA 03 pada minggu lalu sudah kita lakukan uji coba. Sehingga dengan adanya peluncuran hari ini untuk dapat mendukung kegiatan operasinal di Bukit Prima Bahari," katanya.

Dalam kesempatan ini, dirinya juga mengapresiasi dukungan dari semua pihak yang telah bekerja sama dalam membuat tongkang ini.

“Terima kasih juga kepada seluruh Karyawan yang telah bekerja dengan baik, sehingga kita bisa menyelesaikan ship set ini dengan baik. Selanjutnya kedepan kita akan terus mengasah diri lebih baik lagi, untuk menjalankan proyek-proyek yang mendatang,” ujar Bambang.

Sementara itu, Marine Inspektor KSOP Pangkalbalam Captain Efran Dinata mengapresiasi
kinerja dan kualitas dari produk yang dihasilkan PT DAK.

“Dari tahun 2010 hingga sekarang saya ini memeriksa kapal, baik yang diproduksi di PT DAK baik kapal milik PT Timah maupun kapal swasta sudah sangat bagus sekali. Baik dari SDM-SDM nya pun sudah sangat mumpuni. Pekerjaannya cepat dan kualitasnya pun baik," pujinya.

Ia menilai, PT DAK dalam memperbaiki kapal maupun melakukan pembangunan kapal baru sangat baik sekali.

“Kalau saya perhatikan, baik dari bangunan kapal kecil hingga bangunan kapal yang besarpun sudah sangat baik sekali. Baik dari pengelasan dan konstruksinya juga pun kalau kami perhatikan tidak kalah saing dengan perusahaan-perusahaan besar yang ada di Jakarta ataupun Surabaya misalnya,” ujar Efran.

Dirinya juga berharap, PT DAK dapat terus konsisten dan semakin maju kedepannya.

“Tentu PT DAK ini sudah sangat recommended sekali, karena saya selaku inspektur tipe A, baik itu kapal-kapal lokal, maupun kapal-kapal solas, ini kalau saya perhatikan sudah sangat baik sekali.
Untuk PT DAK, pertahankan dan tingkatkan lagi kualitasnya, agar para konsumen merasa puas. PT DAK, Cepat, Baik, Terampil,” Katanya.

Senada dengan Efran, Irzan Aziz, selaku Surveyor Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) Palembang, turut mengapresiasi akan kualitas pekerjaan dari PT DAK.

Kedepan, Ia berharap PT DAK semakin berkembang dan semakin lancar dalam membangun maupun memperbaiki kapal-kapal.

“Untuk pengerjaan di PT DAK ini sudah bagus, kualitas dan juga koordinasinya juga sudah cukup bagus. Secara kualitas, PT DAK tidak kalah saing dengan perusahaan-perusahaan sejenis yang ada diluar," ucapnya. (*)