BERITA & KEGIATAN

PT TIMAH Tbk terus mendukung masyarakat dalam setiap aspek kehidupan.

Berita

Kolaborasi untuk Ketahanan Pangan Daerah, PT Timah Dukung Kelompok Tani di Belitung Timur Tanam Bawang Merah 

BELITUNG TIMUR -- Untuk mendukung ketahanan pangan di wilayah operasional Perusahaan, PT Timah terus berupaya untuk menggeliatkan sektor pertanian di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Berkolaborasi dengan Kelompok Tani Bina Tani di Dusun Gangse Danau Nujau, Desa Gantung, Kabupaten Belitung Timur dan juga Kodim 0414, PT Timah melalui program corporate social responsibility (CSR) mendukung kegiatan penanaman bawang merah.

Tanam perdana bawang merah binaan bersama Kodim 0414/Belitung dengan PT Timah berlangsung pada 26 Juni lalu. Kegiatan penanaman ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Belitung Timur, Khairil Anwar.

Sebanyak satu ton bibit bawang merah lokal ditanam di lahan seluas satu hektar. Diharapkan hasil panen mendatang mencapai 15 ton bawang merah per hektar.

Anggota Kelompok Tani Bina Tani Dedi Jumadi mengatakan, mereka sudah empat kali melakukan penanaman bawang merah dengan luasan 0,5 hektar.

"Keterlibatan PT Timah sebagai perusahaan pertambangan yang mendukung sektor pertanian artinya dua sektor ini bisa berdampingan dan bisa saling mendukung untuk perekonomian daerah yang berkelanjutan," katanya, Selasa (2/7/2024).

Pihaknya mengapresiasi PT Timah yang telah terlibat mendukung pertanian bawang merah yang tengah mereka geluti saat ini. Dukungan ini, kata dia memberikan semangat bagi para petani agar benar-benar serius dalam mengembangkan pertanian bawang merah agar nantinya daerah mereka bisa menjadi sentra bawang merah.

Dedi berharap, kedepannya sinergi dan kolaborasi dengan PT Timah dapat terus berlanjut. Seperti adanya pembinaan bagi kelompok untuk meningkatkan wawasan tentang pertanian bawang merah.

"Semoga ini dapat terus berlanjut, karena kami juga masih perlu pendampingan untuk menambah wawasan agar hasil pertanian kami bisa lebih misalnya dengan pelatihan atau study banding," harapnya. (*)