BERITA & KEGIATAN

PT TIMAH Tbk terus mendukung masyarakat dalam setiap aspek kehidupan.

Berita

PT Pupuk Kujang Tingkatkan Sistem Kearsipan dengan Benchmark ke PT Timah

PANGKALPINANG -- PT Pupuk Kujang bertandang ke PT Timah untuk melakukan benchmark peningkatan pengamanan dokumen perusahaan dan kearsipan, Kamis (26/9/2024).

Dalam kunjungan ini rombongan PT Pupuk Kujang yang dipimpin oleh AVP Kesekretariatan di PT Pupuk Kujang Amanda Rahma Putri Karnada disambut langsung oleh Kepala Bagian Kearsipan dan Pengendalian Dokumen Dhiesta Febrionna beserta tim Arsip di Unit Pelayanan Arsip PT Timah.

Dhiesta Febrionna mengenalkan tentang pengelolaaan kearsipan yang dilakukan PT Timah. Apalikasi yang digunakan dan digitalisasi arsip yang telah diterapkan di PT Timah.

Mereka juga tampak berdialog tentang sistem keamanan arsip, melihat langsung ruang penyimpanan arsip PT Timah.

Amanda Rahma mengatakan, mereka melaksanakan benchmark ke PT Timah karena merupakan salah satu BUMN pengelola arsip yang terakreditasi untuk penyelenggaraan kearsipan dengan kualifikasi "Spesial AA" dari ANRI Tahun 2023.

Menurutnya, ada banyak hal baru yang bisa mereka tiru dalam pengelolaan arsip yang dilakukan PT Timah, terutama tentang sistem pengamanan kearsipan, pesuratan, pengklasifikasian arsip dan penataan ruangan arsip.

"Kami datang untuk benchmark dan belajar tentang kearsipan dan persuratan serta keamanan arsip. Setelah kunjungan ini kami akan menyampaikan ke menagement untuk meningkatkan pengamanan seperti sprinkles, penataan ruangan, keamanan akses kearsiapan dan penyesuaian alat kerja," ucapnya.

Saat ini kata dia PT Pupuk Kujang sedang dalam proses penataan arsip sehingga masih ada hal-hal yang perlu dibenahi. Dengan adanya kunjungan ini juga bisa menjadi inspirasi bagi mereka.

"Kami saat ini masih dalam proses penataan arsip, masih banyak arsip lama yang belum dimusnahkan. Setelah datang ke sini ternyata pengelolaan arsip dilakukan dengan rapi dan nyaman menjadi inspirasi kami terkait pengamanan arsip ini," ucapnya.

Sebelumnya, beberapa BUMN seperti PT KAI dan PT Taspen juga pernah melaksanakan benchmark tentang pengelolaan kearsipan di PT Timah. (*)